Research and Development (RnD)

Divisi Research and Development merupakan salah satu divisi riset yang berkaitan dengan keilmuan Departemen SKPM yaitu Kependudukan, Agraria, dan Ekologi Politik, Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat, dan Komunikasi Penyuluhan. Adapun output yang ingin dicapai adalah membentuk lulusan SKPM yang dapat mengkaji, menganalisis, dan mengembangkan masyarakat melalui riset terhadap sumber daya alam dan manusia di Indonesia. 

Program Kerja

Revolution (Research, Advocation, and Open Information)

Kegiatan riset aksi langsung ke lapang mengenai isu-isu yang terkini terkait bidang keprofesian di HIMASIERA sehingga bisa menjadi tempat untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat di Departemen SKPM. Riset pada tahun ini meneliti tentang isu Reklamasi Teluk Jakarta yang dikaji dari perspektif sosial, ekologi, dan ekonomi. Hasil dari riset berbentuk jurnal dan video yang disampaikan pada lokakarya yang mengundang pembicara dari berbagai stakeholder terkait dan himpunan mahasiswa lain yang memiliki kajian ilmu terkait.

Replication (Research, Apply, Sociological Science, and Sociological Movement)

Kegiatan aksi ekologis langsung ke daerah yang mengalami krisis/masalah ekologi sehingga bisa menjadi tempat untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang di dapat di Departemen SKPM. Tahun ini, Replication berbentuk seminar yang mengkaji topik tentang krisis ekologi dan cara-cara penanggulangannya menurut kajian ilmu di Departemen SKPM. Pada tahun ini, pembicara seminar diundang dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). Topik seminar kali ini yaitu Tantangan Millenial Mengatasi Perubahan Iklim Melalui Aksi Ekologis di Tengah Pandemi.

HIMASIERA Goes to Company

HIMASIERA Goes to Company (disingkat Himgoes) merupakan kegiatan kunjungan ke perusahaan dengan tujuan untuk mempelajari tentang CSR yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Bentuk kegiatan ini berupa kunjungan dalam bentuk seminar online ke PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), Nagimairi Healthy Food, dan PT Telkom Witel Makassar. Mahasiswa yang terlibat menggali informasi melalui diskusi bersama pihak perusahaan khususnya bagian Corporate Social Responsibility (CSR). Kunjungan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan serta relasi para mahasiswa/i SKPM mengenai perkembangan CSR yang dilakukan pihak terkait dalam mengembangkan masyarakat.