Community Development (Comdev)

Divisi Community Development merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu pengembangan masyarakat yang didapatkan di kuliah. Divisi ini memiliki tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa SKPM dalam melakukan pendekatan ke masyarakat.

Program Kerja

  • Pengembangan Komunitas Desa

Pengembangan Komunitas Desa merupakan kegiatan pendampingan kelompok yang ada di Desa. Desa Neglasari memiliki Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekarsari yang menjadi mitra dalam program kerja ini. Pengembangan pertanian mulai dari pembibitan, pemanenan, pengolahan sampai kepada pemasaran. Kini, pengembangan komunitas desa akan berfokus kepada pelatihan pengemasan serta pemasaran dan distribusi. Produk dari KWT Mekarsari tersebut merupakan Keripik Pisang “Miraos”. Selain itu, program ini akan memberikan pelatihan dalam membuat kerajinan yang berasal dari sampah menjadi kerajinan serta pendidikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

  • Pengajar HIMASIERA

Pengajar HIMASIERA merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh Himaseira dan relawan pengajar yang berasal dari mahasiswa SKPM. Topik pada pengajaran yang akan dilaksanakan dikepengurusan ini adalah lingkungan. Dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap serta keterampilan peserta didik untuk lebih mencintai alamnya dan menyelesaikan permasalahan sampah dengan keterampilan pengelohan sampah menjadi barang berguna. 

HIMASIERA Goes to Company

HIMASIERA Goes to Company (disingkat Himgoes) merupakan kegiatan kunjungan ke perusahaan dengan tujuan untuk mempelajari tentang CSR yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Bentuk kegiatan ini berupa kunjungan dalam bentuk seminar online ke PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), Nagimairi Healthy Food, dan PT Telkom Witel Makassar. Mahasiswa yang terlibat menggali informasi melalui diskusi bersama pihak perusahaan khususnya bagian Corporate Social Responsibility (CSR). Kunjungan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan serta relasi para mahasiswa/i SKPM mengenai perkembangan CSR yang dilakukan pihak terkait dalam mengembangkan masyarakat.

Pelatihan Internal Community Development

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih kemampuan anggota khususnya pada bidang pengembangan masyarakat seperti identifikasi permasalahan di desa, perencanaan kegiatan, pemecahan masalah di desa, penggunaan media massa untuk kemajuan desa, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan.

Siera Peduli

Kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial yang bertujuan membantu mahasiswa SKPM maupun masyarakat yang tertimpa kemalangan, musibah atau sakit.